Sabtu, 29 Desember 2012

0

Musim Hujan tak Surutkan Animo Wisatawan Kunjungi Tangkubanparahu



NGAMPRAH, (PRLM).- Meski dalam musim hujan, objek wisata alam di Kabupaten Bandung Barat di wilayah utara mengalami peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Setidaknya, hal itu terjadi pada Taman Wisata Alam (TWA) Tangkubanparahu (Lembang) dan Curug Cimahi (Parongpong).
"Tidak ada pengaruh cuaca dengan kunjungan wisatawan," ujar Direktur Utama PT GRPP, Putra Kaban saat dijumpai di TWA Tangkubanparahu, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (29/12/12).
Di Tangkubanparahu, pengunjung bisa mencapai 6.000-7.000 per hari. Padahal pada akhir pekan biasanya, jumlah kunjungan pada akhir pekan hanya mencapai sekitar 3.000-4.000 pengunjung.
Putra menuturkan, puncak kedatangan pengunjung terjadi pada pukul 10.00-13.00 WIB. Oleh karena itu, apabila ingin menghindari antrean kendaraan, wisatawan disarankan berkunjung sebelum atau sesudah puncak kedatangan pengunjung. "Meskipun begitu, tingkat kunjungan pada akhir pekan ini, masih belum seramai akhir pekan menjelang Natal," ujarnya.
Berbeda dengan TWA Tangkubanparahu, walaupun mengalami peningkatan, jumlah kunjungan wisatawan ke Curug Cimahi tidak terjadi secara signifikan. Menurut Kepala Resort Polisi Hutan (KRPH) dari Bagian Kesatuan Pengelola Hutan (BKPH) Lembang, Eem Sulaeman menuturkan, hal itu terjadi karena pengaruh cuaca.
"Jajaran kendaraan para wisatawan telah berjejer di areal parkir. Akan tetapi, lantaran hujan, mereka urung masuk ke lokasi curug," tuturnya.
Eem mengungkapkan, rata-rata kunjungan di akhir pekan pada musim liburan, berjumlah 350 pengunjung per hari. Pada akhir pekan biasanya, jumlah pengunjung rata-rata hanya mencapai 100 pengunjung per hari.
Ketika ditanyakan jumlah kunjungan pada malam pergantian tahun, Eem optimistis, Curug Cimahi akan dikunjungi lebih dari 1.000 wisatawan. "Perkiraan itu melihat data kunjungan pada malam pergantian tahun 2011 ke 2012. Ketika itu, Curug Cimahi dikunjungi sekitar 1500 wisatawan," ucapnya. (A-206/A-88)***


Sumber :http://www.pikiran-rakyat.com/

0 komentar:

Entri Populer